Kota Langsa - Berita
Informasi Publik

Berita

Diskominfo Kota Langsa Sosialisasikan Integrasi Jaringan Internet Diskominfo Kota Langsa Sosialisasikan Integrasi Jaringan Internet

Diskominfo Kota Langsa Sosialisasikan Integrasi Jaringan Internet

Kamis, 14 Maret 2019

Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, saat memberikan sambutan sekaligus membuka sosialisasi standarisasi integritas jaringan internet dan intranet bagi aparatur perangkat daerah dan pemerintahan gampong di aula Setdako Langsa, Kamis (14/3/2019).

Langsa- Pemko Langsa melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, melaksanakan sosialisasi standarisasi integritas jaringan internet dan intranet bagi aparatur perangkat daerah dan pemerintahan gampong di aula Setdako Langsa, Kamis (14/3/2019).

Acara itu dibuka langsung oleh Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid, MM dan diikuti oleh 66 keuchik dalam wilayah Kota Langsa.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, , mengatakan, kita semua harus menyadari betul diera kemajuan teknologi saat ini, kita harus mampu menguasai teknologi informasi. Dimana sekarang ini teknologi informasi telah menjadi alat kendali dalam berkomunikasi dan menambah pengetahuan, baik didalam kehidupan masyarakat secara luas maupun bagi institusi, termasuk juga kebutuhan memperlancar pekerjaan administrasi pelayanan di Pemerintahan.

Kepala Diskominfo Kota Langsa Yanis Prianto, SE. M.Si, bersama Geuchik dalam wilayah kota langsa, mengabadikan foto usai sosialisasi standarisasi integritas jaringan internet dan intranet bagi aparatur perangkat daerah dan pemerintahan gampong di aula Setdako Langsa, Kamis (14/3/2019).

Dikatakan, internet dan teknologi informasi saat ini secara signifikan telah mengubah perilaku manusia dan dunia bisnis ke arah peradaban manusia yang baru yang diistilahkan dengan The Cyber Community. Karenanya, penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan internet dan intranet merupakan sebuah keharusan sehingga kita akan menuju ke arah integrasi sistem.

Diharapkan, di Kota Langsa kedepan setelah integrasi sistem ini berjalan, maka akan terjadi integrasi data dan nantinya data pajak dan retribusi daerah, data aset daerah dan data kependudukan, bahkan, data kesehatan, bisa dengan mudah saya akses di manapun berada.

"Ini sangat penting karena ketersediaan data merupakan hal yang sangat vital dalam hal pengambilan keputusan di level pengambil keputusan,"ujarnya.

Dia menambahkan, sudah saatnya Pemko Langsa menjalankan digitalisasi jaringan Pemerintahan E-Government sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan publik atas kualitas jasa layanan, Pemerintah mendukung pertumbuhan ekonomi meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan publik serta meningkatkan kinerja pelayanan publik. Berbagai sistem digitalisasi/elektronik, tata kelola kelembagaan dan proses Pemerintah secara high-level.

Sebelumnya, dalam laporannya, Kepala Diskominfo, Yanis Prianto mengatakan, sosialisasi integritas jaringan internet dan intranet bagi perangkat daerah dan pemerintahan gampong, sebagai upaya mendorong penerapan system informasi gampong yang mendukung penyelenggaraan pemerintah daerah secara efektif, efesien dan transparansi.

"Sekarang ini kita telah memasuki era kemajuan teknologi IT yang luar biasa, maka penggunaan jaringan internet atau intranet yang terintegrasi menjadi kebutuhan untuk membangun kemudahan informasi dan layanan pemerintah bagi masayrakat, terutama transparansi dalam pengelolaan dana gampong,"ujarnya.

Dikatakan, dengan pengenalan jaringan internet/intranet yang terintegrasi ini, maka akan menciptakan pembinaan dan evaluasi terhadap kecamatan dan gampong dalam penerapan sistem informasi dan Pemko Langsa dapat mengembangkan sistem informasi gampong sesuai kebutuhan daerah dan peraturan perundang-undangan yang ada.

Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini, pengembangan sistem informasi gampong dapat mendukung percepatan program standarisasi jaringan internet/intranet, Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan sistem integrasi desa (SID) sebagai upaya mendukung percepatan Langsa menuju Green Smart City.

Teks Foto : Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, saat memberikan sambutan sekaligus membuka sosialisasi standarisasi integritas jaringan internet dan intranet bagi aparatur perangkat daerah dan pemerintahan gampong di aula Setdako Langsa, Kamis (14/3/2019).

Penulis

Admin

Kategori Berita

Umum

Dilihat

994 kali