Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Kota Langsa...

Walikota Buka Lomba Teknologi Tepat Guna Tahun 2017

Kategori : Pendidikan & Pelatihan Selasa, 01 Oktober 2013 - Oleh uve

Langsa : Guna menciptakan teknologi yang ramah lingkungan serta dapat dipelihara dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pemerintah Kota (Pemko) Langsa melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) menggelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2017, Selasa (4/4).

 

Walikota Langsa Usman Abdullah SE, dalam sambutan mengatakan dalam rangka efesiensi, efektifitas nilai tambahan dan mutu hasil produksi kegiatan masyarakat, perlu dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna.

 

Kata Usman, kita harus menggeser paradigma masyarakat, agar semakin gemar menggunakan produk-produk lokal berteknologi serta tepat guna, selain itu even ini juga sebagai penghubung yang dibangun antara pemerintah dengan masyarakat, generasi muda dan anak-anak muda kreatif  sehingga secara nyata dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat.

 

Lanjutnya, selain mendukung penuh kegiatan ini, juga diharapkan dapat menjadi wadah interaksi saling tukar informasi, terutama diantara kreator-kreator muda, guna meningkatkan semangat  berkreasi dan berinovasi, sesuai dengan tujuan dan sasaran digunakannya teknologi  yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Menurut Walikota,  Pemko Langsa memiliki komitmen untuk terus mendukung dan mendorong pengembangan teknologi tepat guna, agar semua potensi yang dimiliki baik itu dalam lingkungan masyarakat dapat didorong bekerja semakin efisien, efektif dan ekonomis.

 

Untuk itulah  Usman Abdullah menilai even seperti ini sangat diperlukan bagi semua, termasuk pemerintah, anak-anak muda kreatif peserta Lomba dan tentunya seluruh masyarakat.

 

Usman Abdullah berpesan agar jangan pernah putus berkreatifitas dan menyerah dalam berinovasi, semoga dapat memberikan inovasi yang berguna dan di pelihara dalam memenuhi kebutuhan masyarakat serta teknologi yang ramah dengan lingkungan.

 

Harapan kami kegiatan ini dapat memberikan dampak bagi pemenuhan Daerah dan Masyarakat memberikan nilai tambah dalam upaya peningkatan produktifitas bagi usaha – usaha ekonomi masyarakat, membangun kegiatan ekonomi masyarakat serta keberadaannya memberikan ekstermilitas positif bagi keseimbangan pembangunan.

 

Sebelumnya, Ketua Pelaksanaan TTG Tahun 2017 Kota Langsa Al Azmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah menghimpun dan menjaring ide dan kreasi tentang alat-alat TTG yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mendukung pengembangan melalui penemuan alat-alat TTG yang baru, meningkatkan pemanfaatan TTG dan SDA bagi masyarakat.

 

Adapun jumlah peserta lomba pada hari ini sebanyak 16 peserta dengan kreasi masing-masing : Alat Bantu pemuatan TBS, Kompor Limbah, Pengolahan Sampah Plastik, Lampu Hemat Energi 1,5 Volt, Low Audio Video Transmiter, mesin Profile Sederhana, Sensor Multi Fungsi, Pompa Air Spiral, Tong pembakar Sampah Basah, Power Seven Unit, Detector Gempa Sederhana, Tandon Air Otomatis, Alat Pengembor Tanah, Alat AC Sederhana Fortabel, lampu Led Emergency Solar Sel, Motor Tenaga Surya.

 

Hadir dalam acara tersebut para Anggota DPRK Langsa, Perwakilan Kepala BPM Provinsi Aceh, para SKPK, Para Camat, Pak Geuchik serta undangan lainnya.[Tim]

 

Sumber: Humas Pemko Langsa