Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Kota Langsa...

Indeks Berita

Pemko Langsa Menyelenggarakan Itsbat Nikah Bagi Korban Konflik dan Masyarakat Miskin

Senin, 23 Oktober 2017

LANGSA: Wakil Walikota Langsa, Dr.H. Marzuki Hamid, MM Membuka Kegiatan Itsbat Nikah bagi Korban Konflik dan Masyarakat Miskin dalam Wilayah Kota Langsa, Senin, 23/10 di aula Cakradonya Langsa.

Kegiatan ini memgambil tema: Mewujudkan Masyarakat Aceh  yang bermartabat, berkeadilan dengan mengamalkan Nilai-Nilai Dinul Islam. Turut Hadir pada acara dimaksud: unsur Forkopimda Kota Langsa, Kepala Dinas Syariat Islam Propinsi Aceh, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa, Kepala Disduk Capil Kota Langsa, Kepala Mahkamah Syar’iyah  Kota Langsa, serta para Camat dalam wilayah Kota Langsa.

Kegiatan Itsbat Nikah ini merupakan respon dari Pemerintah Aceh terhadap masalah-masalah yang dihadapai para korban konflik dan masyarakat miskin, yang dahulunya tidak mampu untuk melaksanakan nikah di hadapan KUA, jelas Marzuki Hamid.

Marzuki Hamid juga menambahkan, Masyarakat saat ini tidak hanya membutuhkan pembangunan fisik semata, tetapi juga membutuhkan penyelesaian urusan-urusan pernikahan. Karena akan menjadi masalah besar jika buku nikah ini tidak dimiliki oleh para pasangan yang sudah menikah, khususnya dalam hal administrasi kependudukan.

Dengan adanya permasalahan ini Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana untuk pelaksanaan kegiatan itsbat nikah ini, yang dialokasikan pada dinas Syariat Islam Aceh dan pada kesempatan ini dilaksanakan di Kota Langsa.

Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya menertibkan administrasi kependudukan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Sehingga dengan mengikuti kegiatan ini maka kita telah membantu mendukung program penertiban administrasi kependudukan dari pemerintah, jelas Marzuki Hamid.

Wakil walikota Langsa juga mengharapkan para pasangan agar mengikuti itsbat nikah ini dengan sebaik-baiknya dan bagi para saksi diharapkan memberikan kesaksian dengan sebenar-benarnya, karena kebenaran itu akan dipertanggungjawabkan kepada pemerintah dan juga dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT nantinya. Begitu juga bagi para hakim, hendaknya memberikan keputusan dengan sebenar-benarnya, harap Marzuki Hamid. [Tim]

Matang Seutui Diresmikan sebagai Gampong Percontohan KB di wilayah Kecamatan Langsa Timur

Sabtu, 21 Oktober 2017

LANGSA:  Wakil Walikota, Dr. H. Marzuki Hamid, MM mengharapkan kegiatan gampong percontohan KB ini tidak  hanya sebagai kegiatan pencanangan saja, tetapi setelah selesai kegiatan ini ada informasi yang diperoleh dan diterapkan dalam masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Langsa dalam acara Peresmian Pencanangan Kampung KB di Gampong Matang Setui Kecamatan Langsa Timur, Kamis, (19/10).

Pada acara tersebut, Dihadiri oleh Kepala P3A DALDUK dan KB, ketua PKK Kota Langsa, Camat Langsa Timur, Muspika Langsa Timur, Kadis Kependudukan dan Capil, para Geuchik dalam wilayah Langsa Timur, serta seluruh warga gampong Matang Setui.

Dalam sambutannya, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Langsa, yang diwakili oleh Sekretaris, dra. Radhiah mengharapkan Seluruh Stakeholders dapat berperan aktif dalam pengendalian program KB.

Menurut Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid, Pelaksanaan program KB pada hakikatnya adalah peranan dari Kepala Keluarga bertanggung jawab dalam menjaga, mendidik dan menafkahi anak. Dalam ber-KB ini mengajak kita untuk berencana, sanggupkah kita dalam menjaga dan menaungi anak dan keluarga kita nantinya.

Marzuki Hamid juga mengharapkan Para warga Gampong Matang Setui sebagai gampong percontohan agar dapat menjadi motor penggerak bagi gampong lainnya di wilayah langsa timur dalam pelaksanaan program KB ini.

Keluarga yang sejahtera tidak hanya dilihat dari badannya yang sehat, tetapi juga dilihat dari kebersihan lingkungannya atau tempat tinggalnya. Untuk itulah Wakil Walikota Langsa mengajak masyarakat agar menelihara kebersihan lingkungan, memungut sampah, membersihkan parit-parit, dan melakukan penghijauan di wilayah gampong dengan melakukan penanaman pohon-pohon. [Tim]

PENGELOLAAN DANA DESA HARUS SESUAI PRINSIP TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS

Rabu, 18 Oktober 2017

Langsa: Walikota Langsa Usman Abdullah, SE menyampaikan bahwa pemerintah gampong agar dalam mengelola dana desa benar-benar sesuai prinsip transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran.

Hal tersebut ditegaskan Walikota dalam sambutan pada acara Malam Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 16 Kota Langsa  bertempat di pendopo Walikota, selasa (17/10).

Menurut Walikota, dari informasi Kemendes ada lebih dari 600 kepala desa di Indonesia yang bermasalah dengan hukum terkait pengelolaan Dana Desa. “ Kami berharap tidak ada satupun geuchik di Kota Langsa yang bermasalah dengan hukum terkait pengelolaan Dana Desa” ujar Usman Abdullah.

Lanjutnya, oleh karena itu saya perintahkan inspektorat, BPKD, DPMG, dan para camat bekerjasama dengan pendamping P3MD untuk betul-betul serius mendampingi pemerintah gampong dalam pengelolaan dana desa. “ Kami mengapresiasi inisiatif inspektorat untuk membuat klinik konsultasi pengelolaan dana desa”

Demikian juga kami berharap teman-teman dari kepolisian maupun kejaksaan agar tidak segan-segan berkoordinasi dengan kami untuk memastikan penggunaan dana desa efektif, efisien, dan taat hukum. “ Kita turun bersama-sama ke gampong-gampong, kita bina mereka agar tidak melakukan kesalahan administrasi apalagi korupsi. Kehadiran bersama kita ke gampong juga memberikan motivasi agar pemerintah gampong jangan takut berinovasi atau berkreasi, yang penting patuhi ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku” jelas Usman Abdullah.

Kata Walikota, kami senang dan menghargai  inovasi beberapa gampong, seperti Sidodadi, Seulalah Baru, Karang Anyar, Paya Bujok Beramo, dan beberapa gampong lainnya. Mudah-mudahan itu dikembangkan dan ditularkan semangatnya sehingga gampong-gampong di Langsa ini maju semuanya. Jika gampong maju otomatis kotanya jadi maju.

Kami juga ingin sampaikan bahwa pada tahun 2017 Pemerintah Kota Langsa mendapatkan dukungan program penanggulangan kemiskinan dari pemerintah pusat,  baik melalui kegiatan yang bersifat karitatif maupun pemberdayaan. Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Bantuan Stimulant Perumahan Swadaya (BSPS), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Kami mengapresiasi atas kinerja OPD yang termasuk dalam Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) dan para pendamping atau fasilitator program sehingga program penanggulangan kemiskinan di Kota Langsa bisa berkelanjutan.

Diakhir sambutannya Usman Abdullah juga menyampaikan pesan terkait pengelolaan dana desa. Mengacu pada kebijakan pemerintah pusat, prioritas penggunaan dana desa itu untuk 4 hal, yaitu: Pertama, Embung desa agar pertanian maju, Kedua Olah raga agar kaum muda sehat jasmani dan rohani serta terhindar dari perilaku salah seperti penyalahgunaan narkoba, Ketiga Produk unggulan gampong sehingga perekonomian gampong menjadi maju, dan Keempat Penguatan BUMG sehingga bisa menjadi penguat modal social dan ekonomi di gampong.

Terkait dengan kebijakan tersebut maka saya minta agar pemerintah gampong memperhatikan dan mempedomani kebijakan tersebut sebagai acuan dalam penyusunan APBG.

Hadir dalam acara Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 16 Kota Langsa tersebut Rekan-Rekan Forkopimda, Bupati/Wakil Bupati Aceh Tamiang atau yang mewakili; Para Mantan Walikota Dan Wakil Walikota Langsa Beserta Ibu, Para Wakil Ketua dan anggota DPR Kota Langsa, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Lingkungan Kota Langsa.

Sekretaris Daerah, para Asisten, para Staf Ahli, dan para Kabag Di Lingkungan Sekretariat Daerah Kota Langsa. Para pimpinan instansi vertical dan organisasi perangkat daerah Kota Langsa. Pimpinan BUMN Dan BUMD Di Lingkungan Kota Langsa, Para Camat Beserta Unsur FORKOPIMCAM, Para  Imum Mukim, Geuchik, Tengku Imam, Tuha Peut, Tuha Lapan, Dan Perangkat Gampong dalam wilayah Kota Langsa.

Para Tokoh Masyarakat Dan Cendikiawan Kota Langsa, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan  Kota Langsa, Ketua Partai Partai Politik, Ketua KPA Kota Langsa, Pengurus OKP, ORMAS, LSM, organisasi kemahasiswaan, dan Insan Pers. [Tim]

 

Kota Langsa Harus lebih Maju dan Sejahtera

Selasa, 17 Oktober 2017

Langsa: Walikota Langsa Usman Abdullah, SE didampingi Wakil Walikota Dr H Marzuki Hamid MM menyatakan komit dan akan bekerja keras dalam upaya mewujudkan Kota Langsa yang lebih maju dan sejahtera.

Pernyataan tersebut disampaikan Walikota dan Wakil Walikota usai upacara peringatan Hari Lahirnya Kota Langsa yang ke -16, bertempat di Lapangan Merdeka Langsa, Selasa (17/10).

Untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan tersebut pasangan yang dikenal dengan sebutan UMARA ini akan terus berupaya melakukan terobosan-terobosan serta lobi-lobi ditingkat provinsi dan juga pusat guna mewujudkan visi dan misi yang telah dicanangkan serta melakukan penataan ekowisata mangrove dan pembangunan masyarakat sadar wisata.

Disamping itu juga melanjutkan pembangunan irigasi untuk pertanian tanaman pangan, memfasilitasi petani untuk mendapatkan bantuan Sarana Produksi Pertanian (SAPROTAN ) dan Sarana Produksi Padi (SAPRODI) dan juga mendorong penyelesaian pembangunan yang tertunda guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, memfasilitasi BUMD dalam mengerakkan faktor ekonomi dalam penciptaan lapangan kerja baru serta memfasilitasi berkembangnya industri kreatif di Kota Langsa.

Dijelaskannya, paradigma baru pembangunan saat ini haruslah berbasis kawasan bukan berdasarkan kepentingan wilayah diri sendiri jadi setiap daerah yang membangun harus mendapat dukungan dari daerah tetangganya.

Diulang tahun yang ke 16 ini Walikota dan Wakil Walikota berharap Kota Langsa kedepan lebih baik lagi, masyarakatnya lebih sejahtera dan menjadi Kota Jasa yang maju dan berkembang.

Hadir pada acara peringatan hari lahirnya Kota Langsa tersebut Dandim 0104 Aceh Timur, Kapolres Langsa, Kajari Langsa, Ketua Pengadilan, Ketua DPRK Langsa dan Seluruh Anggota, Ketua MPU, MAA, MPD, mewakili Pemkab Aceh Tamiang, Kepala BNNK Langsa, Mantan Walikota Langsa Azhari Azis, Sekda Kota Langsa, para Staff Ahli, Para Asisten, para SKPK, dan juga para kepala sekolah.

Upacara tersebut di ikuti ribuan pelajar, ASN, petugas BPBD, Perhubungan, Satpol PP dan WH serta Petugas Kepolisian dan juga TNI serta OKP. [Tim].

 

Peringati Hari Jadi Ke 16, Kota Langsa Gelar : Aceh Forest Explorer 2017

Jumat, 13 Oktober 2017

Langsa: Dalam memperingati HUT Kota Langsa Ke-16 Pemerintah Kota Langsa menggelar Aceh Forest Explorer 2017 Ajang bergensi tahunan tersebut diikuti 70 unit mobil dengan rincian masing-masing 8 unit team Leader, 7 Unit official dan 55 unit mobil peserta dengan total peserta berjumlah 300 orang dilepas secara resmi oleh Walikota Langsa Usman Abdullah SE  terpusat di Lapangan Merdeka Langsa, Kamis (12/10)

Kegiatan Touring melintasi hutan ini diikuti oleh Ketua DPRA aceh Tgk.Muharrudin, Danrem 011 Lilawangsa Kolonel inf Agus Firman Yusmono, S.IP, Bupati Bener Meriah Ahmadi,SE dan Walikota Langsa Usman Abdullah, SE serta ketua Xtrim Indonesia Dodi yang membawa tim dari Sumatera utara.

Walikota Langsa Usman Abdullah SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada peserta para Aceh Forest Explorer 2017 yang telah ambil bagian dalam kegiatan ini. Usman Abdullah berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan promosi pariwisata di Aceh.

Lanjutnya, peserta tahun ini lebih banyak dari peserta tahun sebelumnya. Tahun ini ditambah ramai dengan kehadiran Bupati Ahmadi beserta Tim Burni Telong dan juga dari Sumatra Utara.

Kegiatan Aceh Forest Explorer 2017 direncanakan selama 4 hari ini, para peserta akan bermalam selama 3 hari di dalam hutan, dan selama perjalanan akan dilakukan bakti sosial serta pegelaran seni.

Ketua Panitia Pelaksana  Faisal, A,Md mengatakan Kegiatan Aceh Forest Explorer 2017, yang merupakan rangkaian dari perayaan Hari jadi Kota Langsa yang ke 16 tahun dan perayaan Hari ulang tahun TNI ke 72. [Tim]

380 ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Langsa Naik Pangkat

Senin, 02 Oktober 2017

LANGSA: Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM menyerahkan SK Kenaikan Pangkat Secara Simbolis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Langsa, bertempat di halaman kantor BKPSDM Kota Langsa, senin (2/10).

Sebanyak 380 orang ASN menerima SK Kenaikan pangkat. Kenaikan pangkat bagi para ASN menjadi setingkat lebih tinggi merupakan ketentuan yang diatur di dalam Undang Undang Kepegawaian.

Wakil Walikota Langsa memgharapkan dengan kenaikan pangkat para ASN maka kinerja para ASN pun meningkat, disiplin meningkat dan menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Khususnya bagi ASN yang menerima kenaikan pangkat dalam posisi jabatan struktural, sebaiknya lebih bertanggung jawab dan membina bawahannya sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik sesuai dengan Peraturan PerUndang-Undangan yang berlaku. Begitu juga dengan bawahan haruslah dapat bekerja secara maksimal, tegas Marzuki Hamid.

Pelajari dan pahami, kemudian akan timbul kreatifitas-kreatifitas atau ide-ide dalam pelaksanaan tugas tugas dengan sebaik-baiknya. Dan para ASN hendaknya meningkatkan semangat pengabdian semangat keikhlasan mendukung program-program Pemerintah Kota Langsa, menuju Kota Jasa yang bersih yang sehat lingkungannya yang islami, harap Marzuki Hamid.

Wakil Walikota Langsa juga mengharapkan kepedulian para ASN dalam hal ketertiban dan dalam hal kebersihan lingkungan masyarakat di tempat tinggal masing-masing. [Tim]

Walikota Langsa Pimpin Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Minggu, 01 Oktober 2017

LANGSA: Walikota Langsa Usman Abdullah SE Menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu, 01/10/2017 di lapangan merdeka Kota Langsa.

Upacara dihadiri oleh Forkopimda Kota Langsa, Sekda Kota Langsa, Para Kepala OPD Kota Langsa, Para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Langsa, unsur TNI / Polri, serta para siswa siswi Sekolah Dasar, SMP, dan SMA.

Foto Bersama: Walikota Langsa Usman Abdullah SE, Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Siregar SE, Kapolres Langsa AKBP. Satya Yudha Prakasa SIK bersama Anggota TNI dan Polri yang menerima kenaikan pangkat usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu, 01/10/2017 di lapangan merdeka Kota Langsa.

Setelah Pelaksanaan Upacara, dilanjutkan dengan upacara Kenaikan Pangkat para anggota TNI / Polri, sedangkan Apel Kenaikan Pangkat bagi Para ASN diselenggarakan pada hari Senin, 02 Oktober 2017 di halaman Kantor BKPSDM Kota Langsa.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0104 Aceh Timur dan Kapolres Langsa menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila  dan seluruh peserta upacara yang berkenan hadir mengikuti upacara. [Tim]

Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV Tingkat Kota Langsa Tahun 2017

Senin, 25 September 2017

LANGSA: Walikota Langsa, Usman Abdullah SE membuka Pencanangan Bulan bakti Gotong Royong (BBGRM) ke XIV Tingkat Kota Langsa bertempat di Gampong Sidodadi, Kecamatan Langsa Lama., Senin, (25/9).

Pada acara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Langsa, Para Kepala OPD Kota Langsa, para Camat, unsur Muspika, para Geuchik serta warga masyarakat gampong Sidodadi.

Pencanangan BBGRM ini dilaksanakan oleh setiap desa di seluruh tanah air Indoesia dan merupakan salah satu program pemerintah berdasarkan Permendagri Nomor 42 tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Surat Gubernur Aceh nomor 414.24/1275 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna, BBGRM dan Hari Kesatuan Gerak PKK se Aceh di Kabupaten Aceh Selatan beberapa waktu yang lalu.

Gotong royong ini sangat bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di tingkat Gampong. Hakikat dari gotong royong adalah kebersamaan, kepedulian, tanggung jawab, dan persaudaraan, jelas Usman Abdullah.

Pada kesempatan tersebut Usman Abdullah menghimbau masyarakat agar menggalakkan gotong royong ini terutama untuk kebersamaan di gampong. Karena saat ini gotong royong yang merupakan warisan leluhur kita sudah mulai memudar sehingga perlu kerja keras kita bersama untuk menghidupkannya kembali.

Walikota menghimbau kepada para geuchik agar Mengawasi dan melarang masyarakat yang membuang sampah di sungai, parit dan tempat tempat yang dilarang serta Melarang masyarakat membangun rumah di bantaran sungai, bekas rel kereta api dan tempat-tempat yang dilarang mendirikan bangunan.

Mengenai Dana Gampong, pada kesempatan itu juga Usman Abdullah mengharapkan kepada para geuchik agar dapat mengelola Dana Gampong dengan sebaik-baiknya, transparan, dan dikelola secara bersama-sama dengan masyarakat gampong untuk kepentingan bersama, tidak untuk kepentingan pribadi. [Tim]

 

Dzikir dan Doa Menyambut Tahun Baru Islam

Rabu, 20 September 2017

Langsa: Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah ribuan masyarakat Kota Langsa larut dalam dzikir dan doa bersama yang di gelar Pemerintah Kota (Pemko) Langsa bertempat di Lapangan Merdeka Langsa,  Rabu (20/8/17) pagi. 

 

Acara tersebut dihadiri langsung oleh, para Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Langsa dan juga para pelajar.

 

Peringatan Tahun Baru Islam kali ini mengangkat tema “Dzikir Akbar” yang diawali dengan pembacaan dzikir bersama, khotmil Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sholawat Nabi.

 

Selain dzikir dan doa bersama pemko Langsa juga mendatangkan ustad  kondang dari Medan Sumatra Utara (Sumut) yakni Ustad Kamidin Selian. Beliau memberikan tausiyah tentang makna Hijrah kepada seluruh jamaah yang hadir guna meningkatkan rasa keimanan sekaligus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Sementara itu Wakil Walikota Langsa Dr.H.Marzuki Mamid, MM dalam sambutannya dihadapan para jamaah dzikir mengatakan mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan syiar islam di kota Langsa. Pergantian tahun baru Islam merupakan momentum untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Sebelumnya peringatan 1 muharram kita rayakan dengan kegiatan pawai para anak-anak sekolah, tetapi kali ini kegiatan kita rubah dengan kegiatan zikir akbar di pagi hari ini”, jelas Marzuki.

 

Lanjutnya, semoga ditahun-tahun mendatang kegiatan seperti ini terus berlanjut dan menjadi agenda tetap Pemko Langsa. “Saya ucapkan terima kasih kepada Panitia Pelaksana yang sudah bekerja secara maksimal demi suksesnya kegiatan ini” ujar Marzuki Hamid.

 

Marzuki Hamid juga berharap semoga momentum 1 Muharram 1438 Hijriah tahun ini tidak sekadar formalitas, tapi menyentuh esensi hijrah yg sebenarnya.

 

Kata Marzuki, memperingati tahun baru Islam 1 Muharram ini sebenarnya hakikatnya adalah untuk mengenang kembali peristiwa hijrah sekaligus mendalami makna hijrah dan juga pengamalannya pada masa kini. “ Hijrah ini sendiri bukan sekedar pindah tempat tinggal, hijrah ini merupakan perintah Allah SWT juga merupakan strategi perjuangan dalam dakwah Islam” jelas Marzuki Hamid. [Tim]

Walikota Langsa Menyambut Kedatangan Wadan Pusterad KODAM IM

Rabu, 20 September 2017

LANGSA:  Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE beserta unsur Forkopimda Kota Langsa menyambut kedatangan Wadan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), Brigjend TNI Joko Warsito sebagai Ketua Tim Peniai Lapangan II Lomba BINTER Tingkat Utama Kodim ke XX tahun 2017 di Pendopo Walikota Langsa, Selasa, (19/9)

Walikota Langsa menyambut Wadan Pusterad di Pendopo Walikota Langsa yang diawali dengan kegiatan peusijuek oleh unsur ulama Kota Langsa, yaitu: Ketua MPU Kota Langsa, Ketua MAA Kota Langsa, serta Walikota Langsa.

Peusijuek tersebut diperuntukkan bagi Wadan Pusterad beserta rombongan sebagai adat peumulia jamee bagi tamu yang baru pertama sekali berkunjung ke Kota Langsa.

Setelah peusijuek selesai dilaksanakan, Wadan Pusterad sebagai ketua tim beserta rombongan diarak-arak keliling Kota Langsa menuju ke Kodim 0104 Atim dengan menggunakan mobil jeep terbuka dan yang menjadi supir dari jenderal TNI tersebut adalah Walikota Langsa sendiri, Usman Abdullah.

Suasana perjalanan menuju ke Kodim 0104 Atim pun diiring-iringi oleh berbagai kelompok komunitas-komunitas di Kota Langsa yang berlangsung sangat semarak. [Tim]