Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Kota Langsa...

Indeks Berita

171 Napi LP Narkotika Langsa Dapat Remisi

Jumat, 18 Agustus 2017

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke –  72 di Kota Langsa, Walikota Langsa Usman Abdullah, SE beserta rombongan terdiri dari Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf Haris Isya Siregar,  Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa,  Kajari Langsa  R Ika Haikal, Ketua Pengadilan Negeri Langsa Heri Kurniawan, para SKPK, Camat Langsa Timur Ridwanullah,  serta ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan dan ibu-ibu Bhayangkari Polres Langsa Anjangsana ke Lapas Kelas III Narkotika Langsa, Kamis (17/8).

 

Usman Abdullah dalam sambutannya membacakan Pidato Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menyampaikan semangat juang para pendahulu kita tetap harus ada di setiap langkah perjuangan kita saat ini dan yang akan datang karena sejati nya perjuangan itu belum usai.

 

Hal ini sebagaimana Presiden Soekarno pernah mengatakan dalam salah satu pidatonya, perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

 

Saatnya mengubah cara pandang, pola pikir, sikap, perilaku dan cara kerja yang berorientasi pada kemajuan dan kemodern sehingga Indonesia menjadi bangsa besar serta mampu berkompetisi ditingkat dunia harus segera diwujudkan, meskipun itu tidak mudah tetapi harus tetap optimis, Selamat Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72, jayalah bangsaku, jayalah Negeriku.

 

Indonesia perlu orang yang mampu bekerja secara PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, dan Inovatif), membangun hukum dan HAM adalah pondasi bagi pembangunan sebagaimana diketahui bahwa hukum dan HAM adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

 

Hal ini tercermin dari kebijakan revitalisasi dan reformasi hukum yang salah satu visinya adalah menghadirkan kembali negara yang melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.

 

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III narkotika Langsa Amiruddin dalam laporannya menjelaskan dalam rangka menyambut  HUT Kemerdekaan RI ke –  72 ini sudah mengusulkan sebanyak  267 orang Narapidana (Napi) untuk memperoleh Remisi dari Presiden Republik Indonesia.

 

“ Dari 267 orang yang di usulkan, yang turun suratnya hanya 162 orang, sembilan orang sedang dalam tahap proses, jumlah keseluruhannya sebanyak 171 orang yang mendapat remisi” jelas Amiruddin.

 

Tambahnya, jumlah penghuni Lapas Narkotika Langsa saat ini sebanyak 355 orang penghuni dengan 23 orang petugas Lapas dan 3 orangnya merupakan wanita.

 

Kata Amiruddin, pada hari ini setelah mendapat remisi ada 12 orang napi yang dinyatakan bebas, namun karena terkendala subsidier maka hanya 5 orang yang bebas pada hari kemerdekaan RI ke-72 ini, sisanya harus menjalani masa hukuman sesuai yang telah di tetapkan. (Tim)

 

 

Walikota Langsa Tabur Bunga Di Makam Pahlawan

Jumat, 18 Agustus 2017

Walikota Langsa Usman Abdullah, SE beserta Wakil Walikota Dr. H. Marzuki Hamid, MM melakukan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Gampong Paya Bujok Seulemak Kecamatan Langsa Baroe Kota Langsa, Rabu (16/8) pagi.

Upacara tabur bunga ini juga di ikuti oleh Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa, Setda Aceh Timur M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, para SKPK di Lingkungan Pemerintah Kota Langsa dan Aceh Timur, Para Personil Kodim 0104 Atim, dan Para Personil Polres Langsa.

Acara Tabur bunga ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017.

Sebelum tabur bunga, terlebih dahulu dilakukan upacara yang di pimpin oleh Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar. (Tim)

 

Walikota Sidak RSUD Langsa

Selasa, 15 Agustus 2017

LANGSA: Walikota Langsa, Usman Abdullah SE melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, Selasa (15/8)

Setibanya sekitar pukul 10.30 WIB, Walikota meninjau satu persatu ruangan, dimulai dari ruangan IGD, sampai rawat inap yang ada di rumah sakit tersebut.

Disaat Sidak, Toke Suum panggilan akrab Usman Abdullah menilai, air bersih yang ada di rumah sakit belum sepenuhnya bersih 100 persen.”Jika dilihat dari warna airnya, maka tingkat kebersihannya baru sekitar 85 persen,” sebutnya.

Walikota Langsa Usman Abdullah SE naik ketempat penampungan air RSUD Langsa dan melihat kondisi air dipenampungan tersebut, saat melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, Selasa (15/8)

Untuk itu, Ia meminta kepada manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kembali pengelolaan air bersih, karena kebutuhan air sangat penting dalam kehidupan.

Selain itu, dalam mendistribusikan air ke semua ruang harus benar-benar terealisasi dengan baik, sehingga jangan sampai ada ruang rawat inap tidak tersedia air disaat pasien membutuhkannya.

Ia mengakui, berdasarkan laporan dari masyarakat, sejauh ini pelayanan RS tersebut sudah baik.

Namun ada beberapa sarana pendukung yang masih kurang, seperti lingkungan yang masih kotor karena menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai. “Jika sudah tidak lagi dipakai, buang saja dan buat berita acaranya dan lakukan penghapusan asetnya” tegas Toke Suum.

Sementara itu, terkait alat kesehatan, Walikota berjanji akan meningkatkannya kembali sesuai kebutuhan pelayanan dan perkembangan medis.

Pada kesempatan itu, Walikota juga meminta kepada pegawai negeri sipil (PNS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) agar dapat mengubah perilaku dalam hal melayani bukan dilayani.

PNS merupakan abdi negara yang selalu siap melayani masyarakat ketika dibutuhkan,”Kita ini pelayan maka harus melayani bukan menunggu untuk dilayani terutama bagi PNS yang ada di rumah sakit, harus lebih sigap dan tanggap setiap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” sebutnya.(Tim)

Jauhi Diri Dari Narkoba

Senin, 14 Agustus 2017

Langsa: Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol (Kabag Humas & Protokol) Sekretariat Daerah Kota Langsa M.Husin, S.Sos,MM mengatakan mari kita jauhi Diri dari yang namanya Narkoba.

Hal tersebut ditegaskan M.  Husin saat menjadi Pembina upacara di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Langsa, Senin (14/8) pagi.

Kehadiran Kabag Humas turut didampingi Kasubbag Komunikasi Publik M. Ikhsan, ST,  M. Cio beserta staf.

Dihadapan kepala SMK 4 Drs.  Buang,  SG,  MT, Para Dewan Guru, serta seluruh siswa/I perikanan tersebut, Kabag Humas mengatakan Narkoba merupakan musuh besar bagi generasi bangsa saat ini.  “Kita harus nyatakan perang melawan Narkoba”  tegasnya.

Selain itu, berkaitan dengan HUT RI ke-72, M. Husin menyampaikan bahwa makna kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai hari puncak kemerdekaan artinya berakhirnya perjuangan yang dilakukan oleh pendahulu terhadap kemerdekaan dan ini merupakan tuntutan dari bangsa Indonesia sendiri.

Makna kemerdekaan bebas identik dengan terlepas dari intimidasi terlepas, terlepas dari rongrongan dan terlepas dari segala aspek yang menghambat kebebasan. “ Maksudnya kita sekarang tinggal mengisi kemerdekaan itu yang berawal dari Akhlakul Karimah kemudian dalam proses komunikasi juga mengedepankan etika sopan santun dan mempelajari ilmu pengetahuan dalam upaya mengisi kemerdekaan” jelas Kabag Humas.

Lanjutnya M. Husin, kita temukan generasi muda bangsa sebaliknya. Ini lah tugas kita bersama untuk memperbaiki bangsa ini yang sudah berusia 72 tahun kemerdekaan.

Para pejuang dan pahlawan bangsa beradarah-darah mempertaruhkan segala jiwa dan raganya supaya Nusantara ini terbebas dari penjajahan, merdeka! Kita bisa bekerja, sekolah, beribadah dan berbuat segala sesuatu dengan tenang setelah kemerdekaan itu diraih

Maka, tugas generasi bangsa saat ini adalah bagaimana kemerdekaan itu menjadi modal pembangunan nasional. Pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, politik, teknologi, dan lain sebagainya.

Lanjutnya, makna kemerdekaan sebagai jembatan emas artinya bangsa ini terus mengejar keadilan,  kesejahteraan dan kemakmuran adil dalam kemakmuran dan Makmur dalam keadilan ini terus kita perjuangkan agar nilai-nilai kemakmuran dapat dirasakan masyarakat.

Diakhiri sambutannya Kabag Humas dan Protokol sangat berharap para siswa/I untuk menjauhkan diri dari narkoba, berperilaku baik, berikan prestasi terbaik buat bangsa ini dan selalu menghormati orang tua,  guru dan masyarakat di lingkungan sekitar. [Tim]

 

Silaturahmi Walikota Langsa Dengan Mercedes-Benz Club

Senin, 14 Agustus 2017

Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE menggelar jamuan makan malam serta silaturahmi bersama Pengurus dan Peserta Tour De Sumatera III Mercedes-Benz Club (Indonesia Regional Sumatera) yang berlangsung 12 -13 Agustus 2017.

Silaturahmi tersebut berlangsung di Pendopo Walikota Langsa, Sabtu malam, 12 Agustus 2017. Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0104 Atim Letnan Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar, SE, Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Langsa, M.Husin, S.Sos, MM.

Rombongan Mercedes-Benz Club hadir President Mercedes Benz Club Indonesia Idham Syewket Adnan, Vice President Region Sumatera Mercedes Benz Club Indonesia Yus Tarigan, Ketua Umum Mercedes Benz Club Langsa Azwar M. Jafar, SE.

Walikota Langsa Usman Abdullah SE dihadapan peserta Tour De Sumatera III dari Mercedes-Benz Club Aceh, Medan, Padang, Palembang, Lampung, Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia W124 Medan Chapter, Mercedes-Benz W202 Club Indonesia Regional Medan, Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia pekan baru Chapter, dan Divisi Touring Mercedes-Benz Club Indonesia menyampaikan, silaturahmi dan tatap muka ini merupakan bagian dari kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Langsa dengan Mercedes-Benz Club Indonesia.

Kemudian Walikota juga mengucapkan selamat datang di Kota Langsa. “Insya Allah Kota Langsa sudah mulai bangkit kembali dan Aceh saat ini aman-aman saja, semoga situasi ini terus seperti ini agar pembangunan di Aceh umumnya dan Kota Langsa khususnya bisa dilanjutkan” jelasnya

Lanjutnya, di Kota Langsa banyak warung-warung yang berjualan baik siang maupun malam hari. Sehinga memudahkan bagi masyarakat untuk membeli segala keperluannya kapan saja. “ Kota Langsa aktifitas masyarakatnya aktif 24 jam, tersedia juga berbagai macam kuliner yang menarik, semoga moment seperti ini terus berlanjut” ujar Walikota.

Kata Usman Abdullah, berkaitan dengan CLUB MBC semangat persaudaraan yang dikobarkan merupakan sebuah anugrah dan rahmat yang harus kita jaga. Karena dengan bergabung di club ini banyak teman yang kita dapat dan rasa persaudaraan.

Disamping itu juga meningkatkan rasa sosial saling membantu bagi daerah yang mengalami bencana. Sehingga memberi manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Persahabatan kesetiakawanan dan saling menghargai saling tolong menolong, karena kita ditempa bagaimana peduli kepada orang lain dan kawan-kawan.

Pada kesempatan tersebut Walikota juga mengatakan dengan semangat kebersamaan dan keikhlasan yang dibangun di club, serta dilandasi dengan kejujuran dan transparan, semua program yang akan dijalankan akan berhasil dengan baik, tetapi apabila tidak dilandasi dengan kejujuran, keikhlasan serta transparan tentu tidak akan menghasilkan sesuatu yang positif.

Sementara itu President Mercedes Benz Club Indonesia Idham Syewket Adnan mengatakan MBC memiliki 90 club member dibawahnya, terbagi dalam beberapa region, di region sumatera ada 12 club dan yang bisa hadir pada malam ini hanya 8 club.

Lanjutnya, setiap region itu memeliki event yang mereka istimewakan, di region sumatera diberi nama tour sumatera. “Tujuan diadakannya kegiatan ini agar bisa berkumpul bersama dan bersilaturahmi dengan sesama member dan pengurus” jelas Idham.

Idham juga mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Walikota dan segenap jajarannya, bapak Kapolres Langsa serta Bapak Dandim 0104 Aceh Timur yang sudah meluangkan waktu untuk hadir disini. [Tim]

PDAM Kota Langsa lebih reaktif terhadap masalah air bersih

Selasa, 08 Agustus 2017

LANGSA:  Wakil Walikota Langsa, Dr.H.Marzuki Hamid, MM meminta Perusahaan daerah air minum (PDAM) wilayah Kota Langsa, untuk lebih reaktif terhadap masalah penyediaan air bersih kepada masyarakat. Pasalnya, suplai air bersih saat ini tidak maksimal  sementara ini merupakan kebutuhan utama bagi warga.

“Ketika kami turun ke masyarakat mereka mengeluh air sering macet, keruh, kuning. Bahkan ada sebagian warga mengatakan sudah 72 tahun indonesia merdeka, air bersih saja tidak beres,” demikian kata Marzuki Hamid saat membuka kegiatan bimtek pemetaan jaringan perpipaan PDAM kabutapen/kota di Aula Hotel Kartika, Selasa, (8/8).

Lebih lanjut, Wakil Walikota Langsa  menegaskan, pemerintah dan masyarakat sangat menunggu action (aksi) dari pihak PDAM untuk segera mengatasi krisis air bersih termasuk masalah pipa.

“Jadi oleh karena itu, saya pikir penting adanya terobosan dalam rangka untuk mengatasi persoalan berkaitan dengan perpipaan ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, kalau di bandingkan dengan daerah-daerah lain. Apalagi dengan luar negeri tentu hal ini jauh berbeda menyangkut penataan jaringan pipa tersebut.

“Kalau di daerah lain atau diluar negeri ketika membangun negara ataupun daerah, itu pertama adalah tata ruangnya semua diatur termasuk jaringan pipa,” jelasnya.

Sementara Kota Langsa, katanya, konsep dan tata ruang itu baru ada pada tahun 2013. Oleh karenanya, penataan jaringan pipa dapat dilakukan dengan baik supaya mudah dikontrol bila ada saluran yang macet.

Selain itu, Marzuki Hamid juga mengingatkan kepada dirut PDAM kota Langsa, jika akhir tahun tidak ada perubahan maka akan diganti karena ini berdasarkan komitmen sebelumnya.

“Direktur saya ini baru beberapa bulan kami dilantik, memang ada komitmen kalau akhir tahun tidak ada perubahan kita ganti terus saya bilang. Ini merupakan tantangan karena rakyat memberikan amanah kepada kami, ya kami limpahkan kepada direktur PDAM bekerja sungguh-sungguh, bekerja keras, bekerja penuh pengabdian sehingga progam-program ini maksimal dirasakan oleh masyarakat di masa akan datang.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala BP SPAM Regional Aceh Khairul Fuadi, ST.MT, Direktur PDAM Langsa Alzahi, ST , Amir Fuazi, ST,M. Sc dari Unsyiah Banda Aceh sebagai Nara Sumber, Ir. Tatang April Hariyono dari PT. Global Flora Indonesia Jakarta juga sebagai Nara Sumber.[Tim]

 

Wakil Walikota Langsa Silaturahmi Ke Serambi Indonesia

Jumat, 04 Agustus 2017

LANGSA: Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor harian serambi Indonesia, yang terletak di Desa Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Jum’at (4/8)

 

Kunjungan Wakil Walikota Langsa ini disambut langsung oleh Pemimpin Umum, Sjamsul Kahar beserta sejumlah wartawan sunior yang bertugas di harian serambi Indonesia tersebut.

 

Marzuki Hamid mengatakan kegiatan silaturahminya itu dengan sejumlah media elektronik, cetak maupun online sebagai upaya meningkatkan hubungan kemitraan.

 

“Kunjungan ini sebagai bentuk silaturahmi  mempererat hubungan kemitraan dengan para media termasuk harian serambi Indonesia,” katanya.

 

Dalam pertemuan itu, Marzuki Hamid juga mendiskusikan terkait rencana strategis pembangunan kota Langsa dibawah kepemimpinannya bersama wali kota Langsa Usman Abdullah atau Toke Suum pada periode kedua nanti.

 

“Untuk mewujudkan rencana strategis melalui implementasi visi dan misi pada kepemimpinan kami jilid 2 periode 2017-2022, agar kota Langsa menjadi kota jasa yang berperadaban dan islami,” jelasnya.

 

Kunjungan silaturrahmi dan diskusi ini juga turut dihadiri rektor Universitas Samudra Langsa (Unsam), Dr. Bachtiar Akob, M.Pd, rektor Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Dr. H. Zulkarnaini, MA serta kabag humas pemko Langsa, M.Husin, S.Sos, MM.[Tim]

 

Bidan PTT dan Tenaga Penyuluh Langsa Terima SK CPNS

Kamis, 03 Agustus 2017

LANGSA:  Sebanyak 55 orang yang terdiri dari empat tenaga penyuluh pertanian dan 51 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menerima SK CPNS. SK tersebut diserahkan oleh Walikota Langsa, Usman Abdullah, Kamis (3/8), di Halaman Kantor BKPSDM.

Walikota Langsa menyampaikan kepada tenaga penyuluh dan Bidan PTT yang menerima SK CPNS harus mengucapkan syukur, karena dari sebelumnya yang bukan PNS tapi kini sekarang sudah menjadi CPNS.

Kemudian, dengan telah diangkat menjadi CPNS maka kinerjanya juga harus ditingkatkan lagi, bukan sebaliknya menjadi merosot. Karena, sudah banyak laporan dari bebepara kepala dinas, bahwa banyak kinerja pegawai setelah diangkat menjadi PNS kinerjanya merosot.

“Pemerintah Kota Langsa butuh orang-orang yang giat bekerja, bukan hanya sebatas datang ke kantor dan teken absen lalu pulang atau duduk di warung kupi,” ucapnya.

Lanjutnya Usman Abdullah, jika ada laporan dari kepala dinas terkait kinerja PNS yang seperti itu, maka saya tidak akan segang-segan untuk memecatanya. Karena, saya ingin melihat Kota Langsa berkembang dan menjadi lebih baik dimasa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu, Walikota berharap, kepada Bidan PTT dan tenaga penyuluh yang telah diangkat menjadi CPNS, untuk menanamkan niat dihati pengabdian dan ke ikhlasan, karena tidak ada hasil kerja yang baik jika tidak ada pengabdian dan ke ikhlasan.

“Jika kita tanamkan kedua niat itu, maka Insya Allah Langsa akan lebih baik lagi, baik sisi perekonomian maupun pelayanan,” ungkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Samino didampingi Kasub Formasi dan Rekrutmen, Nakim, menjelaskan, untuk tenaga penyuluh yang ikut seleksi sebanyak 20 orang, tapi yang lulus hanya 4 orang sementara selebihnya tidak lulus karena sudah lewat umur.

Sedangkan, untuk Bidan PTT yang ikut seleksi sebanyak 56 orang, sedangkan yang lulus 51 orang dan 5 orang juga tidak lulus karena sudah lewat usia.

Sebnayak 51 Bidan PTT yang diangkat CPNS itu tersebar di lima puskesmas terdiri dari Puskesmas Langsa Kota 5 orang, Langsa Baro sebanyak 10 orang, Langsa Barat sebanyak 11 orang, Lama Lama sebanyak 11 orang dan Langsa Timur sebanyak 14 orang.

“Pengangkatan itu berdasarkan Surat Keputusan Menpan RB Tahun 2016, tentang pengangkatan CPNS Bidan PTT dan tenaga penyuluh,” tutupnya.(Tim)

Pemko Langsa Terima Hibah 12 Ton Bawang Merah

Kamis, 03 Agustus 2017

Langsa: Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menerima hibah 12 ton bawang merah dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Provinsi Aceh. Bawang tersebut merupakan hasil sitaan atas penindakan pelanggaran Kepabeanan.

Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE mengucapkan puji syukur dan terima kasih kepada Pihak DJBC yang telah menghibahkan bawang ini. “Apresiasi yang tinggi untuk pihak bea dan cukai, semoga ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan” jelas Usman Abdullah.

Lanjutnya, seperti kita ketahui, beberapa waktu yang lalu harga bawang sempat tinggi, tapi karena kebutuhan masyarakat tetap membelinya.

Sementara itu Kepala Kantor Bea & Cukai Aceh, Rusman Hadi melalui Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Wilayah Aceh, Tri Utomo Hendro Wibowo menyampaikan Bawang Merah tersebut merupakan hasil Penindakan dari Sinergi antara pihak Kepolisian Sektor Seruway dan Kepolisian Resort Aceh Tamiang dengan pihak Bea Cukai.

Kata Tri Utomo, sekitar 12 (dua belas) ton bawang merah tersebut kondisinya masih baik dan layak untuk di konsumsi, maka bawang tersebut dihibahkan kepada masyarakat melalui Pemerintah Kota Langsa. “Sehingga nantinya dapat memberi manfaat lebih kepada masyarakat yang membutuhkan ini”, ucap Tri Utomo.

Menurut Tri, kegiatan hibah barang sitaan ini pun telah mendapat ijin dari Pengadilan Negeri Kuala Simpang serta didasari pula oleh pernyataan kesanggupan menerima hibah barang sitaan dari Walikota Langsa dan juga sebagai bukti adanya sinergi dari para instansi penegak hukum dalam menjaga pantai Sumatera dan Perairan Aceh pada khususnya dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya, ujarnya. [Tim]

 

Sosialisasi Pemantapan Nilai-Nilai Sejarah, Karakter Bangsa & Wawasan Kebangsaan

Selasa, 01 Agustus 2017

Langsa: Acara Sosialisasi Pemantapan Nilai-Nilai Sejarah, Karakter Bangsa dan Wawasan Kebangsaan Tahun 2017 dibuka oleh Wakil Walikota Langsa Dr.H.Marzuki Hamid, MM bertempat di Aula Kantor kesbang Kota Langsa, Selasa (1/8).

 

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kesbangpol Propinsi Aceh, kepala Kesbang Kota Langsa, Unsur Forkopimda Kota Langsa, Para Tokoh-tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

 

Dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut Wakil Walikota Langsa Dr.H.Marzuki Hamid, MM memyampaikan saat ini sudah banyak masyarakat yang kurang yakin dengan wawasan kebangsaan, bahkan ada yang mempertentangkan dengan hal-hal agama.

 

Menurut Marzuki, Wawasan kebangsaan ini dapat dibantu dengan semangat-semangat menyebarkan agama islam d indonesia ini. “Indonesia ini sangat heterogen, karena terdiri dari berbagai agama, suku, adat, budaya” jelas Marzuki Hamid. 

 

Lanjutnya, dalam pancasila, sila pertama : ketuhanan yang maha esa. Hal ini menjelaskan bahwa tidak dilarang bagi umat islam melaksanakan syariat islam. Tetapi ada berbagai pihak yg mengambil kesempatan untuk mempertentangkan syariat islam dengan wawasan kebangsaan ini. Islam suka dgn kebersamaan, suka dgn persaudaraan” Kata Marzuki.

 

Selanjutnya, semua pencapaian atau kondisi yang saat ini kita rasakan pada dasarnya adalah hasil dari perjuangan dan usaha dari orang-orang terdahulu sehingga kita saat ini dengan mudah dapat menikmatinya. Kita harus dapat melihat makna dari sejarah sebelumnya. Untuk itulah kita harus menggali nilai-nilai sejarah sehingga kita semangat dalam membangun kota langsa ini.

 

Diakhir sambutannya Marzuki Hamid berharap Banyak karakter-karakter bangsa kita yang saat ini sudah mulai hilang dikarenakan pengaruh era globalisasi, pergaulan, bahkan adanya pengaruh narkoba di kalangan anak muda.

 

“Para tokoh-tokoh agar dapat menjaga karakter-karakter dasar masyarakat bangsa indonesia. Seperti semangat gotong royong. Semua yang dicapai pada kondisi saat ini semuanya dicapai    melalui gotong royong orang-orang terdahulu” ucap Wakil Walikota.

 

Wakil walikota juga mengajak masyarakat untuk menggalakkan kegiatan gotong royong  sehingga nantinya akan menumbuhkan karakter ini pada dirinya.”Peran ulama juga diharapkan menggalakkan gotong royong dengan ceramah-ceramah atau himbauan-imbauan mengenai gotong royong” demikian Marzuki Hamid. [Tim]