Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Kota Langsa...

Indeks Berita

Pemko Langsa Salurkan Zakat Senif Kepada 6473 Fakir/Miskin

Rabu, 21 Juni 2017

Langsa: Pemerintah Kota (Pemko) Langsa melalui Baitul MAL menyalurkan zakat Senif kepada 6473 fakir/miskin yang ada di wilayah Kota Langsa. Penyerahan Zakat tersebut dilakukan oleh Wakil Walikota Langsa Dr.H. Marzuki Hamid, MM secara simbolis bertempat di Aula Cakra Donya, Rabu (21/6).

 

Hadir dalam acara tersebut mewakili Para Forkopimda, Pimpinan BUMN/BUMD, Para Geuchik, Imum Gampong serta undangan lainnya,

 

Marzuki Hamid dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Langsa merasa bahagia dan bangga serta memberikan apresiasi kepada Baitul Mal yg telah berusaha mengumpulkan zakat atau infaq di Kota Langsa.

 

“Sehingga pada hari ini dapat disalurkan kepada penerimanya melalui imum gampong dan geuchik seluruh Kota Langsa” jelas Marzuki Hamid. Lanjutnya, penyaluran zakat ini membuktikan bahwa tingginya rasa kepedulian masyarakat Kota Langsa.

 

Wakil Walikota juga berharap pada masa yang akan datang warga yang memiliki rezeki lebih agar ikut memberikan zakatnya melalui Baitul Mal. “Kepada para geuchik agar dapat menyalurkan zakat ini sesuai penerimanya”pinta Marzuki Hamid.

 

Kata Marzuki, para geuchik hendaknya dapat membantu warga gampongnya yang belum menerima bantuan dari Pemko Langsa, dengan usaha dari pemerintah gampong masing-masing.

 

Para geuchik juga diminta untuk memantau para warganya yang kurang mampu. Sehingga warga yang tidak mampu itu dapat dicari solusinya untuk membantu kekurangmampuannya. 

 

Lanjut, menjadi geuchik atau imam merupakan pekerjaan yang berat, apalagi dahulu sama sekali tidak ada gaji bagi mereka. Geuchik selalu tidur malamnya terlambat, tetapi bangunnya cepat. Malamnya geuchik memantau lingkungan gampongnya, baik dari segi keamanan gampong maupun kesejahteraan masyarakatnya, sehingga tidak ada warga yang kelaparan digampong dan tidak ada warga yang tidak bisa merayakan suasana idul fitri seperti masyarakat-masyarakat umum lainnya. 

 

Pemko Langsa mengharapkan pada 2018 nantinya anggaran untuk keperluan masyarakat gampong lebih meningkat. Pemanfaatan dana gampong agar lebih transparan dan diumumkan kepada masyarakat di gampong.

 

Pertanggungjawaban anggaran agar disampaikan kepada pihak kecamatan dan pemerintah Kota Langsa. Sehingga nantinya dana tersebut dapat membantu mensukseskan program pembangunan Kota Langsa. Angaran Pemerintah Kota Langsa sudah terserap sekitar 40% untuk masyarakat. 

 

Pihak gampong agar menyampaikan penyaluran zakat di gampongnya kepada Pemko Langsa melalui Baitul Mal. Sehingga Pemko Langsa dapat mengetahui penyaluran zakat tersebut. Dan nantinya datanya dapat diketahui secara nasional oleh pemerintah. 

 

Sementara itu kepala badan Baitul Mal Kota Langsa Alamsyah mengatakan dahulu Baitul Mal menyalurkan zakat ke gampong-gampong, tapi saat ini disalurkan melalui imum gampong dan dipertanggumgjawabkan oleh geuchik. “

 

Lanjutnya, penerima zakat senif fakir dan miskin tahun 2017 ini berjumlah 6473 orang dengan jumlah penerima pada tahun ini sebanyak: asnaf fakir 1500 orang dengan jumlah uang 150.000 per orang dan miskin 4830 orang dengan jumlah 100.000, fakir uzur 143 orang dengan jumlah 300.000 Jumlah seluruhnya lebih Rp.750.900.000,-

 

Jumlah zakat yg disalurkan memang belum seluruhnya mencukupi semua jumlah mustahik di gampong-gampong. Diharapkan para geuchik agar diatur penerimanya, orang yg tahun sebelumnya telah menerima agar digilir kepada yang belum menerima, demikian Alamsyah. (Tim)

Walikota: Kita Sering Lalai Dalam Bersyukur

Kamis, 01 Juni 2017

Langsa: Bersyukur pada hakekatnya merupakan konsekuensi logis bagi seseorang makhluk seperti manusia kepada Allah SWT, sebagai Tuhan yang telah menciptakan juga melimpahkan rahmatNya. Namun, kadang makhlukNya lupa akan hal itu.

 

Demikian hal tersebut dikatakan Walikota Langsa Usman Abdullah SE dihadapan jamaah shalat taraweh Gampong Sidorejo Kecamatan Langsa Lama dalam rangkaian acara Safari Ramadhan Team dari Pemerintah Kota Langsa, Rabu (31/5).

 

Kata Usman Abdullah, Pada umumnya ada beberapa hal yang sering membuat kita tidak bersyukur, yakni kita sering memusatkan diri pada apa yang kita inginkan bukan pada apa yang kita miliki.

 

Selanjutnya, selalu melihat kepada orang lain yang diberikan lebih banyak nikmat, perilaku ini hanya menyuburkan rasa iri dan dengki kepada orang lain dan yang terakhir adalah menganggap apa yang dimilki adalah hasil usaha sendiri, perilaku ini menumbuhkan sifat kikir, sombong dan melupakan Allah.

 

Kata Walikota, Allah SWT telah berfirman yang artinya : “Bersyukurlah kepadaku maka Aku akan tambahkan nikmat-ku dan janganlah kufur (congkak/sombong) karena siksaku teramat pedih.”Setiap manusia seharusnya selalu mengingat nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. Nikmat yang ada di bumi dan seisinya telah disediakan Allah sebagai kelengkapan dan pelengkap ciptaan-Nya. Air, tanah, udara dan semesta alam dengan.

 

Disadari atau tidak, apa yang ada pada diri manusia, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki adalah nikmat yang telah diberikan Allah dan merupakan anugerah yang tiada tara nilainya. “Karena itu ingatlah kamu kepada-ku. Niscaya Aku ingat kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-ku dan jangan kamu mengingkari-ku” (QS. Al-Baqarah:152)

 

Kata Usman Abdullah, bersyukur merupakan obat paling mujarab untuk mengobati semua penyakit hati. Sekecil apa pun nikmat bila disyukuri maka akan terasa besar. Namun masih banyak orang yang kurang bersyukur terhadap nikmat Allah yang diberikan kepadanya. Bahkan mereka tidak menyadarinya akan nikmat tersebut.

 

Orang yang lupa dan tidak pernah bersyukur maka hidupnya akan menderita. Karena dengan bersyukur, hidup akan terasa nyaman, tentram, damai, dan jauh dari perasaan resah atau gelisah. Syukur juga salah satu jalan menuju surga.

 

Walikota juga mengharapkan pada bulan Ramadhan ini bagi masyarakat yang mempunyai rezeki lebih untuk dapat membantu masyarakat yang kurang mampu serta memperhatikan anak yatim.

 

Diakhir arahannya Usman Abdullah juga berharap kepada masyarakat agar menjaga lingkungan, yakni dengan membuang sampah pada waktu yang telah ditentukan. “Jangan membuang sampah ke sungai, dan buang lah sampah pada jam 7.00 WIB sebelum sampah tersebut di ambil oleh petugas pada jam 8.00 WIB” jelas Walikota. (Tim)

Wakil Walikota Lantik Sejumlah Pejabat Essolon III dan IV

Selasa, 30 Mei 2017

Langsa : Wakil Walikota Dr. H. Marzuki Hamid, MM melantik beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengisi Jabatan Administrator (Eselon III) dan Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Pemerintah Kota Langsa.

Pelantikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut berlangsung di Aula Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Langsa, Senin (29/5/2017).

Hadir dalam acara tersebut mewakili Kapolres Langsa, mewakili Ketua Pengadilan Langsa, mewakili Kepala Kejaksaan Langsa serta mewakili para Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Sekretaris serta para Kabid.

Marzuki Hamid dalam arahannya usai melantik para pejabat tersebut mengatakan mungkin pelantikan yang dilaksanakan terkesan mendadak atau mungkin ada yang bertanya kenapa tidak menunggu waktu usai dilantik kami saja, yang tinggal menghitung hari.

Namun sebenarnya tidaklah demikian sebagai klarifikasi bahwa konsepnya sudah disiapkan. Pelantikan ini kita lakukan karena memang ada berapa tempat yang menurut kami inilah yang cocok untuk menempati posisi tersebut. “ Pada saat itu belum keluar persetujuan dari menteri, alhamdulillah pada saat ini baru keluar persetujuan tersebut, maka baru dapat dilaksanakan pelantikan” jelas Wakil Walikota.

Kata Marzuki, Hal ini tidak terlepas dari bagaimana beban Pemerintah Kota Langsa kedepan yang semakin berat, oleh karena itu penempatan para pegawai harus yang sesuai dengan kemampuan dan kinerjanya masing-masing.

Esensinya para Pejabat yang hari ini dilantik merupakan gerbong utama dalam upaya optimalisasi dan percepatan reformasi ASN di Pemko Langsa, disamping itu sebagai upaya menunjang kinerja Pemerintah Kota Langsa yang ingin menjadikan kota Langsa sebagai kota jasa yang berperadaban dan islami pada masa yang akan datang.

Tambahnya, harus kita sadari bersama bahwa jabatan adalah sebuah amanah yang diemban dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya terutama amanah dari masyarakat yang memiliki harapan guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik. “Keberhasilan laju pembangunan di Kota Langsa sangat tergantung pada kinerja masing-masing Komponen SKPD di lingkungan Pemko Langsa, demikian pula halnya berhasilnya SKPD sangat ditentukan oleh kinerja para pejabatnya” jelas Marzuki.

Pada kesempatan tersebut Marzuki hamid juga berharap kepada para pejabat yang baru dilantik harus selalu bersinergi dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan sehinga tantangan dan harapan yang ada dapat diwujudkan dengan sebaik-baiknya.

Menurut Wakil Walikota pelantikan ini harus dimaknai dari kepentingan organisasi bukan sekedar penempatan pejabat pada jenjang jabatan dengan kepentingan tertentu.

Adapun para pejabat yang dilantik tersebut yakni Mahlil, SH menjabat sebagai Kabid Pendapatan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Langsa, Rani, SH menjabat sebagai  Kabid sarana dan Prasarana pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Langsa, Drs. Muhammad Jamil, sebagai Kabid Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Abd. Wahab, SE, menjabat Kasubbid Penagihan pada Bidang Pendapatan  Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Langsa.

Selanjutnya, Samsuardi, SE menjabat sebagai Kasubbid Ketahanan, Ekonomi, Sosial Budaya pada Bidang Ketahanan, Ekonomi, Sosial Budaya, Organisasi dan Kemasyarakatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Langsa, Maimun, ST menjabat Kasubbid Penetapan pada Bidang Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Langsa, Drs. Hafifudin menjabat sebagai Kasie Ketentraman dan Ketertiban Umum pada Kantor Camat Langsa Barat serta Muhammad, B, SH dilantik menjadi Kasie Tata Pemerintahan pada Kantor Camat Langsa Barat. (Tim)

 

Sambut Ramadhan, Ribuan Peserta ikuti Pawai Ta’aruf

Rabu, 24 Mei 2017

LANGSA : Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H, ribuan peserta yang terdiri dari SD/sederajat, SMP/sederajat, SMA/sederajat, balain pengajian, majelis ta’lim, perguruan tinggi, TPA dan TPQ, mengikuti pawai ta’aruf yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Langsa.

Pawai taaruf itu dilepas oleh Wakil Walikota Langsa,Dr. H. Marzuki Hamid, MM pada Selasa (23/5), sekitar pukul 08.30 WIB, dengan menempuh rute Lapangan Merdeka- Jalan A Yani – Jalan Telkom – Jalan Teuku Umar – Jalan TM Zein – Jalan A Yani dan kembali ke Lapangan Merdeka.

Pawai ta’aruf itu dihadiri Ketua DPR, Burhansyah, Kapolres Langsa, AKBP Iskandar ZA, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Heri Kurniawan serta sejumlah SKPK.

Wakil Walikota Langsa, menyampaikan, pawai ta’aruf ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan syiar Islam serta juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat bahwa tidak lama lagi akan tiba bulan suci Ramadhan.

Sehingga, masyarakat bisa mempersiapkan diri baik mental maupun fisik.”Saya mengajak kepada masyarakat agar menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan semangat serta penuh kegembiraan,” ajaknya.

Kemudian, kepada panitia dan peserta selama berlangsungnya kegiatan ini agar tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat-tempat yang disediakan.

“Jika bukan kita sebagai warga Kota Langsa, maka siapa lagi yang menjaga kebersihan di kota yang kita cintai ini,” imbuhnya.

PERINGATAN HUT SATPOL PP, LINMAS DAN WH

Rabu, 10 Mei 2017

Langsa: Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-67, Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-55 dan Wilayatul Hisbah (WH) ke-14 digelar di halaman Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Langsa, Selasa (09/05/2017).

 

Peringataan HUT diikuti ratusan personil dari ketiga satuan, ditambah ratusan PNS dari masing-masing Instansi yang ada di Wilayah Pemerintah Kota Langsa berlangsung khidmat dan penuh semangat dalam suasana cuaca yang tidak begitu terik.

 

Peringatan HUT kali ini mengambil tema Peningkatan Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga kemajemukan masyarakat didaerah serta peran Polisi Wilayatul Hisbah dalam mengawal syariat islam.

Walikota Langsa, Usman Abdullah SE bertindak selaku pembina upacara dengan komanda upacara Indra maulida dari personel Satpol-PP setempat.

 

Turut dihadiri oleh Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar SE , Para Asisten dan sejumlah Kepala SKPK.

 

Dalam amanatnya Walikota meminta kepada para personil Satpol PP, WH, dan Linmas agar bekerja sunguh-sunguh dan profesional. “Kalau sudah memberikan yang terbaik untuk Kota Langsa dengan segala prestasinya, maka Pemko Langsa juga akan memperhatikan para personil tersebut,” Ujar Usman Abdullah atau yang akrab disapa Toke Suum.

 

Walikota Juga meminta kepada para personil agar mengambil tindakan tegas terhadap pelanggar Qanun atau Perda untuk meminimalisir persoalan-persoalan di masyarakat agar rasa ketentraman dan kenyamanan bagi masyarakat dapat diwujudkan. “ Harus terus di awasi secara maksimal dan sebaik-baik mungkin, demi Kota Langsa menjadi kota yang indah dan nyaman untuk kita semua” jelasnya.

 

Lanjutnya kita sebenarnya bukan hanya mengusur-gusur orang tapi ingin mewujudkan perkotaan yang bersih, nyaman dan bebas kumuh. “ Setiap kebijakan tidak akan dinegosiasikan dengan siapapun”, jelas Walikota.

 

Walikota juga berharap kepada para PNS agar selalu mendepankan semangat pengabdian dan keiklasan dalam menjalankan tugas demi mewujudkan kota Langsa yang Islami, bersih, indah dan nyaman serta demi kemajuan Kota Langsa di masa datang. (Tim)

Walikota Buka Lomba Teknologi Tepat Guna Tahun 2017

Rabu, 05 April 2017

Langsa : Guna menciptakan teknologi yang ramah lingkungan serta dapat dipelihara dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pemerintah Kota (Pemko) Langsa melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) menggelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2017, Selasa (4/4).

 

Walikota Langsa Usman Abdullah SE, dalam sambutan mengatakan dalam rangka efesiensi, efektifitas nilai tambahan dan mutu hasil produksi kegiatan masyarakat, perlu dilakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna.

 

Kata Usman, kita harus menggeser paradigma masyarakat, agar semakin gemar menggunakan produk-produk lokal berteknologi serta tepat guna, selain itu even ini juga sebagai penghubung yang dibangun antara pemerintah dengan masyarakat, generasi muda dan anak-anak muda kreatif  sehingga secara nyata dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat.

 

Lanjutnya, selain mendukung penuh kegiatan ini, juga diharapkan dapat menjadi wadah interaksi saling tukar informasi, terutama diantara kreator-kreator muda, guna meningkatkan semangat  berkreasi dan berinovasi, sesuai dengan tujuan dan sasaran digunakannya teknologi  yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Menurut Walikota,  Pemko Langsa memiliki komitmen untuk terus mendukung dan mendorong pengembangan teknologi tepat guna, agar semua potensi yang dimiliki baik itu dalam lingkungan masyarakat dapat didorong bekerja semakin efisien, efektif dan ekonomis.

 

Untuk itulah  Usman Abdullah menilai even seperti ini sangat diperlukan bagi semua, termasuk pemerintah, anak-anak muda kreatif peserta Lomba dan tentunya seluruh masyarakat.

 

Usman Abdullah berpesan agar jangan pernah putus berkreatifitas dan menyerah dalam berinovasi, semoga dapat memberikan inovasi yang berguna dan di pelihara dalam memenuhi kebutuhan masyarakat serta teknologi yang ramah dengan lingkungan.

 

Harapan kami kegiatan ini dapat memberikan dampak bagi pemenuhan Daerah dan Masyarakat memberikan nilai tambah dalam upaya peningkatan produktifitas bagi usaha – usaha ekonomi masyarakat, membangun kegiatan ekonomi masyarakat serta keberadaannya memberikan ekstermilitas positif bagi keseimbangan pembangunan.

 

Sebelumnya, Ketua Pelaksanaan TTG Tahun 2017 Kota Langsa Al Azmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah menghimpun dan menjaring ide dan kreasi tentang alat-alat TTG yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mendukung pengembangan melalui penemuan alat-alat TTG yang baru, meningkatkan pemanfaatan TTG dan SDA bagi masyarakat.

 

Adapun jumlah peserta lomba pada hari ini sebanyak 16 peserta dengan kreasi masing-masing : Alat Bantu pemuatan TBS, Kompor Limbah, Pengolahan Sampah Plastik, Lampu Hemat Energi 1,5 Volt, Low Audio Video Transmiter, mesin Profile Sederhana, Sensor Multi Fungsi, Pompa Air Spiral, Tong pembakar Sampah Basah, Power Seven Unit, Detector Gempa Sederhana, Tandon Air Otomatis, Alat Pengembor Tanah, Alat AC Sederhana Fortabel, lampu Led Emergency Solar Sel, Motor Tenaga Surya.

 

Hadir dalam acara tersebut para Anggota DPRK Langsa, Perwakilan Kepala BPM Provinsi Aceh, para SKPK, Para Camat, Pak Geuchik serta undangan lainnya.[Tim]

Pelepasan Jamaah Umrah PT. Grand Darussalam Cabang Langsa

Selasa, 21 Maret 2017

Langsa: Pelepasan Jamaah Umrah PT. Grand Darussalam Cabang Langsa Tahun 2017 tersebut dilakukan oleh Walikota Langsa Usman Abdullah SE, bertempat di Mesjid Muwahidin Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Selasa (21/3)

 

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRK Langsa, Kepala Kantor Kementerian Agama Langsa, Para Perwakilan SKPK, dan Keluarga Pengantar Jamaah Umrah.

 

Walikota dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bapak-bapak dan ibu-ibu yang melaksanakan ibadah umrah hari ini merupakan orang-orang yang mendapat hidayah dari Allah sehingga hatinya dapat terpanggil untuk melaksanakan ibadah ini.

 

“ Karena banyak orang-orang yang memiliki harta berlimpah tetapi tidak terpanggil hatinya untuk melaksanakan ibadah umrah”, jelas Walikota.

 

Usman Abdullah juga menyampaikan kepada calon jamaah umrah agar nantinya pada pelaksanaan ibadah umrah, dapat melupakan keluarga dirumah. “Kita harus fokus melaksanakan ibadah, dengan penuh keikhlasan dan semangat dalam beribadah kepada Allah, nanti pasti banyak rahmat yang akan didapat disana nantinya” kata Usman Abdullah.

 

Lanjutnya, karena kota Mekkah dan Madinah merupakan kota suci yang juga tidak dapat dimasuki oleh Dajjal. Seperti yang telah diriwayatkan pada beberapa hadits. Kota ini merupakan kota yang diberkati oleh Allah SWT, kota yang penuh rahmat.

 

Kata Walikota, sampai disana nantinya hendaknya tidak terpengaruh dengan orang-orang lain disana. Ikutilah sesuai mazhab yang kita pegang, kita adalah ahlussunah waljamaah dengan mengikuti imam syafi’i, sedangkan orang lain yang bermazhab lainnya hendaknya kita tidak terpengaruh.

 

Usman Abdullah juga meminta kepada keluarga yang ditinggalkan hendaknya kita serahkan kepada Allah, sehingga kita bisa fokus melaksanakan ibadah, khusyuk tawadhuk, dan ikhlas. Semoga, sepulang dari melaksanakan ibadah umrah nantinya akan ada perubahan-perubahan dari yang selama ini belum baik.

 

Sebaliknya orang yang sepulang dari ibadah umrah tidak membawa perubahan yang baik, malahan lebih buruk dari sebelumnya, maka dapat dipastikan bahwa ibadahnya tidak diterima Allah, kalau dalam ibadah haji dikatakan hajinya tidak mabrur. Kenapa ibadahnya tidak diterima oleh Allah SWT? Mungkin yang bersangkutan berniat untuk melaksanakan ibadah umrah ini hanya sebagai traveling, wisata, dan hal-hal lainnya tetapi tidak ada hal apapun dapat diambil hikmahnya.

 

Walikota juga mengingatkan PT. Grand Darussalam sebagai pelaksana travel umrah berkewajiban mengurus para calon jamaah umrah, dari mulai pendaftaran sampai keberangkatan dan akhirnya sampai selesai pelaksanaan ibadah umrah dan tidak terkendala apapun, karena pada saat ini banyak juga travel-travel yang bermasalah, sehingga terkendala pada pelaksanaan ibadah umrah nantinya.

 

Walikota berpesan semoga nantinya mendapat petunjuk dari Allah,  jagalah sikap disana, saling tolong menolong, karena disana nantinya kita akan mendapat cobaan dari Allah SWT, karena kita harus rela berkorban untuk menolong orang lain, bahkan ada juga orang-orang yang berperilaku tidak baik kepada kita. Maka senantiasa teruslah berzikir, bersihkanlah hati dalam ibadah nantinya, mudah-mudahan kita mendapatkan rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

 

Disamping itu Walikota juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa untuk membentuk balai-balai pengajian di gampong-gampong sehingga anak-anak nantinya dapat diajarkan pendidikan-pendidikan keagamaan.

 

Karena pada zaman ini anak-anak muda banyak yang tidak mengetahui ilmu-ilmu agama, bahkan rukun iman dan rukun islam saja ada anak yang tidak mengetahuinya. Mereka melakukan perbuatan-perbuatan dosa karena mereka tidak memiliki pengetahuan tentang agama islam.

 

Apabila anak-anak memiliki pengetahuan agama yang kuat maka dia akan memiliki benteng yang kuat juga sehingga tidak terpengaruh dengan hal-hal tidak baik lainnya. Apalagi saat ini banyak aliran-aliran sesat yang berkembang di tengah-tengah kita, sehingga apabila kita tidak memiliki pengetahuan agama yang kuat maka akan sangat mudah terpengaruhi.

 

Walikota juga mengajak para orang tua agar selalu menjaga anak-anaknya. Apalagi anak-anak gadis hendaknya selalu berpakaian yang islami, tidak memakai pakaian yang membuka aurat, pakaian ketat atau membentuk lekuk tubuhnya.

 

Mendidik anak merupakan tanggung jawab kita bersama. Jika kita berhasil mendidik anak-anak dengan baik maka kita telah menjadi keluarga yang sukses. Apabila kita berhasil melaksanakan ibadah dengan sukses, tetapi anak-anak kita tidak dididik dengan baik maka kita belum menjadi keluarga yang sukses. Karena akibat perbuatan anak-anak kita itu, kita nantinya akan diminta pertanggungjawaban di akhirat kelak. [Tim]

Wakil Walikota Lantik Pejabat Administrator, Pengawas, Kepala Sekolah Dan Direktur Tirta Kemuneng

Selasa, 21 Maret 2017

Langsa: Wakil Walikota Langsa DR.H. Marzuki Hamid, MM mengambil sumpah dan melantik Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Kepala Sekolah dan Direktur Tirta Kemuneng Langsa, bertempat di Aula Sekretariat Pemerintah setempat, Selasa (21/3).

Hadir dalam acara tersebut para SKPK, Para Asisten dan para Staff Ahli serta undangan lainnya.

 

Marzuki Hamid dalam arahannya mengatakan jabatan adalah amanah dan kepercayaan yang diberikan, untuk itu harus mampu dan cakap dalam bekerja serta iklas, serta dalam melaksanakan tugas juga harus sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Lanjutnya, jangan saat diambil, marah, karena itu hanya amanah, titipan, maka saat diambil ya sudah, ikhlas kan saja. Tambahnya, bagi pejabat yang dilantik agar dapat mengambil filosofi seperti tukang parkir, bahwa semua adalah titipan dan akan diambil kembali suatu saat nanti. Untuk itu Bekerjalah dengan sebaik-baiknya, inovasi, terampil dan berdedikasi.

 

Kepada Kepala sekolah Marzuki Hamid mengharapkan agar para kepala sekolah benar-benar maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta harus meningkatkan kinerja dan kreativitasnya agar bagaimana kedepan sekolah tersebut menjadi lebih baik lagi dari sekarang, jangan malah sebaliknya, jadi teruslah pertahankan prestasi yang sudah ada agar benar-benar menjadi kebanggaan masyarakat Kota Langsa.

 

Marzuki juga menjelaskan tentang prestasi yang sudah diraih Pemko Langsa selama ini, seperti Adipura, WTP, dan lain sebagainya.  Agar hal ini dapat dipertahankan, walaupun disisi lain masih banyak kekurangan-kekurangan, sehingga nanti nya dapat kita tingkatkan dan menjadi lebih baik.

 

Marzuki Hamid juga menyampaikan Istri/Suami adalah pendamping dan merupakan salah satu faktor keberhasilan seorang pejabat. Tetapi layaknya seorang istri/suami harus memahami tugas dari suami/istri yang merupakan pejabat.

 

Diakhir sambutannya Marzuki Hamid mengharapkan Tugas-tugas rutin diluar kedinasan agar terus dijalankan dengan baik, seperti kegiatan safari maghrib, safari shubuh, gotong royong, karena kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi jalur silaturrahmi antara para pejabat dan pegawai pemko Langsa dengan masyarakat, dan yang paling utama adalah merupakan ibadah kepada Allah SWT.

 

Adapun Para Pejabat Yang Dilantik Yakni : Azzahir, SE Sebagai Direktur PDAM Tirta Keumuneng Kota Langsa Periode 2017 – 2021, Riza Fahlevi, AP, MSP Sebagai Kabid Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa, Muliyawan, SE, M.Si Sebagai Kabid Pada Bappeda Kota Langsa.

Selanjutnya, Sri Wahyuni, SS Sebagai Kasubbag Umum Dan Kepegawaian Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Agus Sanjaya, S.Pd Sebagai Kasubbag Perencanaan, Keuangan dan BMD Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Mulyati, SE Pj. Kabubbag Umum Dan Perlengkapan Pada Bappeda Kota Langsa.Sopian, S.Pd Sebagai Kepala SMP Negeri 3 Langsa, Elvisawati, S.Pd Sebagai Kepala SMP Negeri 12 Langsa. [Tim]

Wartawan Harus Bekerja Profesional

Minggu, 12 Maret 2017

Langsa: Walikota Langsa Usman Abdullah SE mengatakan bahwa wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik harus bekerja secara profesional.

Hal tersebut ditegaskan Walikota saat memberikan sambutannya usai pelantikan Pengurus Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa Periode 2016 -2019 di Gedung Cakra Donya Langsa, Jum’at malam (10/3).

Lanjutnya, seorang wartawan adalah juga intelektual. Sebagai seorang intelektual, ia tidak boleh berhenti belajar dan secara terus menerus memberi pencerahan kepada masyarakat. Disamping itu wartawan juga harus memiliki ilmu dasar, memiliki keterampilan dasar.

Selanjutnya, terikat dan patuh pada aturan hukum serta etika moral profesi. Sebagai sebuah profesi, tidak bisa tidak ia harus terikat dengan kode etik. Kode etik inilah yang membingkai dan memandu wartawan agar tidak melenceng atau mengkhianati profesinya dalam berkarya.

Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman M.Si melantik Pengurus PWI Kota Langsa Priode 2016-2019, pada acara Pelantikan Pengurus PWI dan IKWI Kota Langsa Priode 2016-2019 bertempat di Gedung Cakra Donya Langsa, Jum’at malam (10/3).

Wartawan juga harus memiliki rasa seni. Kerja jurnalistik adalah kerja yang memerlukan Sentuhan seni. Yaitu seni saat mencari, menulis dan menyampaikannya, sehingga khalayak Penerimanya menikmati keindahan sajiannya.

Dan terakhir memiliki visi sosial kemasyarakatan. Seorang wartawan, haruslah memahami dan menyadari bahwa ia mengabdi untuk kepentingan masyarakat. Ia wajib memahami dan menghayati gerak denyut nadi masyarakat dimana ia bertugas.

Walikota juga mendukung diadakannya uji kompetensi oleh PWI agar wartawan semakin profesional dalam menulis dan menyajikan berita. “ Apabila wartawan tidak profesional dalam bertugas maka orang lain akan dirugikan” jelas Usman Abdullah.

Usman Abdullah menyatakan siap bermitra dengan wartawan selagi itu untuk pembangunan Kota Langsa serta dalam koridor kebenaran. “ Apapun yang kita lakukan harus ada keiklasan, bukan karena siapa yang bayar” ujarnya

Hal yang sama ditegaskan ketua PWI Aceh Tarmilin Usman M.Si , katanya, wartawan itu dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta kritik dan objektif dalam menyajikan sebuah berita.

Lanjutnya, maka sudah tepat upaya yang telah dirintis oleh pihak Dewan Pers bekerja sama dengan PWI, untuk  melaksanakan sertifikasi wartawan melalui program standarisasi kompetensi wartawan. Betapa tidak, karena masyarakat sangat membutuhkan wartawan yang berkompeten. Bukan wartawan yang “impoten”.

Hal yang sama di sampaikan Ketua PWI Kota Langsa periode 2016-2019 Bahtiar Husin, MA, wartawan profesional harus mempunyai identitas, menjaga hak narasumber, pengamanan narasumber merupakan faktor utama yang harus diperhatikan.

“ Media itu bukan hanya tempat publikasi, tetapi juga merupakan tempat edukasi bagi para pembacanya.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel (Letkol) Inf Amril Haris Isya Siregar, SE, Kapolres Langsa AKBP H Iskandar,Za,SIK, Ketua DPRK Langsa Burhansyah, SH, Kalapas Kelas IIB Langsa Said Mahdar, Direktur Operasional PTP.Nusantara I Aceh Ir. Said Abdurahman, MM, Ketua PGRI Kota Langsa Sopian Hamid, S.Pd serta Undangan lainnya.

Adapun Pengurus PWI Kota Langsa yang dilantik yakni Bahtiar Husin, MA sebagai Ketua, Munawar, ST sebagai Sekretaris dan Sudirman, SE sebagai Bendahara.(Tim)

 

Apel Kenderaan Dinas Milik Pemerintah Kota Langsa

Kamis, 09 Maret 2017

Langsa :Pemerintah Kota (Pemko) Langsa melalui dinas terkait mengelar Apel Kenderaan Dinas Milik Pemko bertempat dilapangan Merdeka Langsa, Rabu (8/3).

Walikota Langsa Usman Abdullah SE dalam sambutan  mengatakan Apel ini digelar dalam rangka mengevaluasi dan supaya terbangun sikap bahwa asset yang diberikan kepada kita agar dapat menjaganya karena itu merupakan penunjang kinerja kita dalam bertugas.

“ Kami akan mengevaluasi kenderaan yang telah diberikan, apakah ada di rawat dengan baik dan maksimal” jelas Usman Abdullah.

Lanjutnya, karena perawatan kenderaan yang baik dan maksimal akan mencerminkan sikap serta perilaku dan tanggung jawab si pemakai kenderaan tersebut.

Kata Usman Abdullah, apabila ada kenderaan dinas yang tidak dikelola dengan baik maka akan diberikan kepada orang lain dan orangnya akan kita evaluasi sejauh mana tanggung jawabnya.

“ Saya tidak mau lihat ada kenderaan dinas disini tidak beres, disana rusak dan sebagainya” ujarnya

Menurut Walikota, bagaimana mau mengurus bangsa dan negeri ini tingkat mengurus kenderaan dinas saja kita tidak mampu. Apabila kenderaan dinasnya bersih dan rapi maka itu mencerminkan kepribadian kita sendiri, demikian Usman Abdullah.

Walikota Langsa Usman Abdullah SE saat memeriksa kenderaan roda empat pada acara Apel Kendaraan Dinas Pemko Langsa bertempat dilapangan Merdeka Langsa, Rabu (8/3).

Sementara itu Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Asset (DPKA) Kota Langsa Amri Alwi, SE, menyampaikan bahwa pelaksanaan acara apel ini dalam rangka penertiban kenderaan dinas dan melihat langsung Kondisi fisik kenderaan dinas yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Langsa Tahun 2017.

Lanjutnya, Adapun rincian kenderaan dinas yang diantaranya : kenderaan dinas roda dua sebanyak 713 unit, kenderaan roda tiga sebanyak 13 unit, kenderaan roda empat sebanyak 119 unit, kenderaan roda enam 32 unit dan roda sepuluh sebanyak 2 unit serta alat berat (beko) ada 18 unit, dengan total semua kenderaan berjumlah 897 unit.

“ Untuk kenderaan roda 3, 6 dan 10 serta alat berat tidak bisa dihadirkan disini karena sedang operasional dan tempat yang tidak memungkinkan”, jelas Amri Alwi.

Hadir dalam acara apel tersebut Forkopimda, para Asisten, Staff Ahli, SKPK, Geuchik dan Tgk Imum. [Tim]